Selasa, 22 Februari 2011

Ilmu Budaya Dasar - Manusia dan Harapan


ILMU BUDAYA DASAR
Kebudayaan (culture) berasal dari kata sansekerta yaitu buddayah. Bentuk jamak dari buddhi (budi) atau akal.
Kebudayaan: hal – hal yang bersangkutan dengan akal
Budaya : budi dan daya, yang berupa cipta, karsa dan rasa
Kebudayaan : hasil dari cipta, karsa dan rasa.
Ilmu Budaya Dasar dapat diartikan sebagai pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan utnuk mengkaji masalah – masalah manusia dan budaya.

Menurut Prof. Dr. Harsya Bachtiar ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjdadi :
1.    Ilmu – ilmu alamiah (Natural Science) yaitu : mengetahui keteraturan yang ada di alam semesta.
Contoh : ilmu fisika, kimia, astronomi, kedokteran, biologi, dan mekanika.
2.    Ilmu – ilmu sosial (social science) yaitu : mengkaji keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
3.    Pengetahuan budaya (The Humanities) yaitu : mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah nilai manusia sebagai makgluk budaya.

Tujuan dari Ilmu Budaya Dasar itu sendiri adalah supaya dapat mengembangkan kepribadian seseorang dengan cara emmeperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai – nilai suatu budaya, baik menyangkut orang lain dan alam sekitarnya maupun yang mengenai derinya sendiri.
Supaya dapat menjangkau tujuan Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
1.    Mengusahakan setiap orang lebih peka terhadap lingkungan budayanya sendiri
2.    Mengembangkan pemikiran yang lebih kritis terhadap masalah kemanusiaan dan budaya
3.    Sebagai calon pemimpin bangsa dan ahli dibidangnya, tidak jatuh dalam sifat – sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat
4.    Mengusahakan komusikasi agar lebih mampu berdialog satu sama lain

Untuk lebih jelasnya kita juga dapat mendifinisikan kebudayaan, yaitu : keseluruhan sisitem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
Kebudayaan adalah segala tindakan yang harus dibiasakan oleh manusia dengan belajar.


Manusia dan harapan
Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia terkadang tidak pernah puas dengan apa yang mereka sudah dapatkan, mereka masih mengharapkan sesuatu yang lebih. Dalam hati mereka tidak merasakan cukup walau tuhan sudah memeberi, manusia selalu mempunyai harapan untuk masa depannya. Mereka berfikir masa depan yang harus didapatkan adalah masa depan yang cerah. Setiap hari harapan – harapan tersebut selalu diungkapkan sebelum menjalani aktifitas namun terkadang mereka melupakan tuhan yang dapat mengabulkan semua harapan yang mereka minta. Sangat disayangkan apabila seseorang sudah sukses karena harapan yang diimpikannya terkabul tetapi mereka melupakan siapa yang telah mengabulkan harapannya itu. Untuk itu kita dapat introspeksi diri bagaimana kita bisa terlahir didunia ini. Kita juga dapat kembali mengenal budaya – budaya milik kita sendiri. Manusia mempunyai agama yang berbeda – beda dan setiap manusia harus percaya kepada agama yang telah dianutnya agar mereka yakin bahwa segala harapan yang diinginkan dapat terkabul dan termasuk manusia yang menghargai budayanya,

Penjelasan diatas merupakan definisi dari saya mengenai manusia dan harapan yang menurut saya manusia seakrang sudah banyak yang lupa dengan tuhannya sehingga mereka menjadi orang yang tidak mengenal terimakasih karena sudah terlahir serta lupa akan budayanya dan harus banyak belajar mengenai lingkungan budayanya.








FITRIA PRATIWI
12110849
1 KA 21

0 komentar:

Poskan Komentar