Selasa, 01 Januari 2013

Banjir di Jakarta


BANJIR DI JAKARTA

Saat ini Indonesia memasuki awal bulan penghujan, curah hujan cukup derah hampir di setiap harinya. Terkadang dari pagi hari hingga malam hari hujan tak henti – hentinya membasahi.
Mulailah warga Jakarta yang rumahnya berada di tempat yang rendah, berada dekat dengan kali harus bersiap – siap waspada dengan meluapnya air banjir bahkan ada juga banjir kiriman yang datang dari Bogor, Jawa Barat. 

Beberapa waktu lalu Bogor mendapati curah hujan yang cukup intens maka didaerah Jatinegara mendapat banjir kiriman dari Bogor sehingga daerah tersebut rumahnya kebanjiran bahkan bisa sampai 2 meter, terutama rumah yang dekat dnegan bantaran kali. 

Untuk setiap musim penghujan Jakarta harus wasapada terus karena sewaktu – waktu mendapat banjir kiriman.
Penyebab banjir di Jakarta bermacam –macam, diantaranya ada yang terjadi karena kurangnya resapan air hujan karena kurangnya lahan hijau yang ada di Jakarta. Pohon – pohon sering di tebangi, banyak jalanan yang di aspal sehingga air tidak dapat meresap ke dalam tanah, taman – taman kota juga sedikit karena banyak gedung – gedung yang menjulang tinggi dibangung di Jakarta, sehingga berdampak pada pemanasan global dan lahan terbuka hijau. 

Ada juga penyebab dengan menumpuknya sampah di sungai – sungai di Jakarta sehingga menyebabkan air tidak mengalir dan pendangkalan sungai. Mungkin untuk masalah ini harus balik lagi kepada kesadaran masyarakat ibu kota karena masalah ini di sebabkan karena kurang sadarnya masyarakat di Jakarta untuk membuang sampah pada tempatnya, masyarakat Jakarta senang sekali membuang sampah di sungai – sungai Jakarta sehingga hampir sungai – sungai di Jakarta sering menumpuk sampah rumah tangga bahkan ada kasur, kayu – kayu dan masih banyak lainnya. Alat – alat besar utnuk mengankut sampah yang ada di sungai tidak cukup efektif untuk menghilangkan sampah dari sungai di Jakarta, yang paling utama dan sangat efektif yaitu dari diri sendiri agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.
Saat ini Jakarta sangat membutuhkan pemimpin yang dapat membuat solusi masalah banjir ini sehingga tidak meresahklan warga Jakarta dengan banjir.
Gubernur Jakarta mencanangkan untuk membersihkan gorong – gorong yang ada di Jakarta, seperti yang di kutip dari harian media Kompas "Ya, penginnya dalam minggu depan setelah tahun baru itu diselesaikan. Ya, mungkin gorong-gorongnya, sedimennya sudah tinggi; enggak dikeruk, ya keruk. Kalau pompanya masih kurang, tambah pompa," kata Jokowi.

Saat ini Gubernur Jakarta sering mengadakan inspeksi di tempat – tempat yang rawan banjir seperti banjir didaerah Jati negara beberapa saat lalu saat banjir terjadi beliau langsung terjun ketempat banjir agar dekat dan merasakan penderitaan warganya. Kemudian beliau memberikan bantuan kepada warga yang mengungsi karena rumahnya kebanjiran. Warga yang kebanjiran mendirikan tenda pengungsian utnuk sementara selama banjir menerjang rumah mereka.

Maka dari itu untuk semua warga Jakarta utnuk menyadari pentingnya untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membuat lahan terbuka hijau di perbanyak dan membersihkan selokan / gorong – gorong supaya air dapat mengalir dan tidak menggenangi jalan dan rumah – rumah warga di ibu kota.

Abstrak :
Banjir di Jakarta
Fitria Pratiwi
Banjir yang menerjang Jakarta salah satu penyebabnya adalah sampah yang berada di sungai – sungai dan kurangnya resapan air / lahan terbuka hijau. Banjir juga ada yang penyebabnya kiriman dari daerah Bogor, Jawa Barat seperti beberapa waktu lalu. Untuk beberapa hal sebaiknya didasari dari diri sendiri utnuk tidak membuang sampah sembarangan.

Fitria Pratiwi
12110849
3 KA 21

0 komentar:

Poskan Komentar