Kamis, 25 November 2010

SOCIAL NETWORKING

SOCIAL NETWORKING
AGORA
Makna dari agora itu sendiri adalah tempat untuk pertemuan terbuka untuk warga negara berkumpul untuk bermusyawarah dengan raja atau dewan di negara/kota di Yunani Kuno. Agora itu termasuk tempat untuk bersosialisasi antara penduduk pada masa itu. Dapat juga menjalankan transaksi sosial dan berbaur dengan masyarakat sekitar. Dahulu kala orang masih kurang dapat bersosialisasi dengan intensif karena kurangnya alat informasi dikarenakan zaman pada waktu itu hanya mengandalkan informasi manual saja yang dikerjakan oleh orang. Kalau kembali pada zaman Yunani kuno kita diingatkan oleh tempat yang bernama “ALEXANDRIA”.

JEJARING SOSIAL
Namun dalam masa kini tempat untuk bersosialisasi tidak harus menggunakan tempat pertemuan namun dapat melalui jejaring sosial. Saat ini kita dapat menggunakan internet untuk bersosialisasi dimanapun dan kapanpun kita membutuhkannya. Sekarang ini banyak yang menggunakan facebook, tweeter, yahoo koprol, plurk dan masih banyak lagi jaringan sosial yang lain.
Diantara jaringan sosial tersebut saya akan menjelaskan tentang yahoo koprol. Jaringan sosial ini masih kurang diminati dibandingkan dengan facebook atau tweeter karena masih baru. Namun banyak juga yang sudah menggunakannya.
Pertama saya akan menjelaskan apa itu yahoo koprol?
mulai muncul di Indonesia sejak awal 2009, didirikan oleh Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto. Layanan koprol sendiri memungkinkan pengguna ponsel untuk mengetahui anggota-anggota koprol lain yang sedang berada di lokasi di sekitarnya, berbagi foto, berdiskusi, meresensi tempat-tempat atau melakukan check in di suatu tempat tertentu.
Yahoo koprol adalah sebuah media jejaring social yang menyediakan berbagai macam kegunaan dan kemudahan untuk anda semua. Dengan alamat di www.koprol.com, kini anda bisa dengan mudah terhubung dengan banyak teman dan kenalan baru yang sama dengan minat anda. Anggota atau member juga berkesempatan untuk bertemu dengan pengguna Koprol yang lain saat mereka berada dalam sebuah lokasi. Karena itulah, koprol kini semakin banyak mendapat simpati publik layaknya Facebook pada beberapa tahun yang lalu. Bahkan bisa dibilang perkembangan dan banyaknya pengguna Yahoo koprol di Indonesia hampir sama dengan twitter. Hal tersebut dikarenakan Koprol adalah hasil karya dari anak bangsa asli Indonesia. Walaupun pada awalnya kurang dikenal karena bayang2 Facebook dan Twitter, tapi kini situs pertemanan gratis tersebut telah menjaring banyak pengguna bukan hanya di Indonesia saja namun hingga ke mancanegara

Perkembangan Koprol yang semakin pesat memang mulai nampak setelah diakuisisi oleh Yahoo. Namun hal tersebut disebabkan karena Koprol mampu menghadirkan sebuah situs yang lain daripada yang lain. Inilah sebuah tonggak baru dimana buatan Indonesia di dunia online diminati oleh salah satu perusahaan terkemuka di dunia. Dan dari data yang ada, koprol mulai bergerak menjadi sebuah situs yang paling banyak di kunjungi oleh masyarakat dunia. Kemudahan sign up atau registrasi bisa menjadi salah satu faktor yang mendukung perkembangan yahoo koprol. Hanya dengan mengunjungi alamat koprol.com dan mengisi beberapa kolom data diri, anda sudah bisa menikmati semua layanan yang ada didalamnya. Apalagi kini Yahoo koprol juga bisa diakses via hp atau Blackberry dengan lebih mudah. Dan semua fasilitas tersebut akan semakin mendekatkan Koprol dihati para pengguna dunia online di Indonesia dan dunia pada umumnya

Kehadiran koprol tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia, karena situs anak bangsa juga mampu diminati oleh bangsa lain. Jadi jika anda berminat untuk menjadi salah satu anggota koprol dan bertemu dengan teman dan orang2 yang baru disekitar anda, silahkan langsung menuju ke www.koprol.com, lakukan langkah registrasi dan sesaat setelah itu anda langsung bisa merasakan pengalaman yang baru berselancar dengan media pertemanan gratis buatan asli Indonesia
Yahoo koprol sama seperti facebook atau tweeter sama – sama jejaring sosial hasil buatan bangsa sendiri. Selain itu yahoo koprol juga sangat flexibel dalam arti :
1.      Kita bisa berteman, melihat komentar dan berkomentar ama siapa saja walau belum menjadi teman, nah sifat ini memungkinkan kita bisa mengenal siapa aja di Koprol misal :
@sonny88 : Waduh…hari ini kena marah Dosen deh…T_T
comment:
@dody:Kasian bgt sih lo…hahahaha
@Xie : Yang sabar yah…Namanya jg kuliah…heheh

2. Koprol di bagi-bagi berdasarkan Lokasi (Lokasi tertentu Ex : Negara, Kota, Mall, Universitas (Korea,Bandung, Bengkulu Indah Mall, Universitas Sriwijaya), memiliki sifat seperti YM (yahoo massager), so kita bisa “Cek In” agar dapat memuat status ditempat tertentu, namun ukan berarti harus tetap di satu tempat

3. Tempat tertentu terkadang membuat Fans Club tertenti misal yang saya temui di    @Seoul South Korea, disana semua orang membahas maslah Kpop (Korean pop Music), Kdrama (Korean Drama), semuanya Kpopers (Korean lovers gtu)

4. Serasa pulang Kampung buat yangAnak kosan, penggunaan bahsa daerah menjadi sekunder, misal kita” cek in” di @bandung : Sok..atu…Akang
5. Koprol tidak sulit seperti facebook, Twitter, dan lain – lain. Koprol hanya membutuhkan satu (1) Foto profile,  namun mempunyai kemampuan menampilkan fto lain. Di momen dan tempat dimana kita “cek in”.

6. Banyaknya User baru di Koprol

7. Kemapuan sharing ke FB, Twitter, YAhoo, jadi tiap update status atau comment di Koprol, juga akan terupdate ke Facebook dan Twitter kamu.

8. New World dan berteman dengan yang baru. Menambah suasana baru yang bisa menyenangkan dan enjoy
Untuk tambahan info yang didapat saat ini koprol diisukan akan dibeli oleh yahoo. RUMOR KOPROL akan dibeli Yahoo yang sempat menyebar luas di internet khususnya situs jejaring sosial Twitter, ternyata bukan isu belaka, karena perusahaan pesaing google ini secara resmi telah mengumumkan akuisisi tersebut.
Bagi Yahoo, akuisasi ini adalah hal yang biasa karena selama beberapa tahun terakhir perusahaan Amerika Serikat ini rajin menguasai perusahaan lainnya. Namun, kabar akuisisi Koprol tentu mengejutkan karena Koprol adalah perusahaan asli Indonesia.
Yahoo! Inc hari ini mengumumkan akuisisi Koprol. Bermarkas di Jakarta, Indonesia,” demikian dilansir Yahoo Finance. Yahoo menyatakan bergabungnya Koprol akan memperkaya layanan berbasis jejaring sosialnya.
Koprol merupakan layanan jejaring sosial yang didirikan PT Skyeight Indonesia sejak tahun 2008. Pengguna Koprol bisa memanfaatkan layanan ini untuk berbagi informasi, review, foto, dan informasi tambahan lainnya tentang lokasi tempat pengguna melaporkannya saat itu. Mirip layanan mikrobloging, namun dengan tambahan informasi dan mirip Foursquare, layanan sejenis asal AS yang dilaporkan gagal diakuisisi Yahoo.
selain itu para wartawan juga sering menggunakan yahoo koprol sehingga dapat membantu bersosialisasi dengan yang lainnya.
Beruntunglah kita hidup di era blogging dan media sosial seperti sekarang ini. Kita bisa dengan mudah menemukan dan memilah-milah informasi yang kita perlukan. Hebatnya lagi, semuanya bersumber dari pengguna itu sendiri. User generated content, begitulah istilahnya. 
Contohnya Koprol, sebuah layanan micro-blogging berbasis lokasi karya putra-putra Indonesia. Prinsipnya, melalui layanan ini, pengguna laptop atau telepon seluler bisa melakukan check-in (berbagi lokasi secara real-time), kemudian berbagi status dan memulai percakapan dengan pengguna lainnya. 
Jika time-line di Twitter berdasarkan siapa yang kita follow, time-line kita di Koprol justru berisi status para pengguna lain di sekitar lokasi kita check-in. Di sinilah “pintu masuk” kita dalam menemukan teman-teman baru di samping bertemu teman-teman yang sudah dikenal sebelumnya, baik secara online maupun offline. Dari sinilah komunitas-komunitas virtual baru terbentuk. 
Bagi profesi-profesi tertentu seperti wartawan, peneliti dan pengamat, layanan seperti Koprol tentu merupakan sarana yang menarik dalam memantau dan melacak fenomena-fenomena tertentu di dalam masyarakat. Saya mencoba mengelompokkan kegunaan Koprol bagi para jurnalis dalam menjalankan tugasnya. Inilah di antaranya: 
  1. Memantau komunitas: Dengan memantau sejumlah komunitas melalui layanan ini, seorang wartawan bisa dengan mudah mengetahui bentuk-bentuk komunitas yang sedang berkembang. Karena berbasis lokasi, secara umum tentu komunitasnya akan terbentuk berdasarkan domisili, tetapi tentu tidak tertutup preferensinya berangkat dari bidang-bidang tertentu. Benar, komunitas itu terbentuk berdasarkan kesamaan minat dan konteks.
  2. Sumber inspirasi: Apa yang menjadi percakapan di dalam komunitas maya semacam ini tentu akan menjadi indikator yang menarik bagi para jurnalis untuk mencari ide liputan atau tulisan. Terkadang apa yang diomongkan dalam komunitas seperti ini bisa saja berbeda dengan apa yang sedang terjadi dalam skala yang lebih besar — dalam skala nasional misalnya. Jika secara nasional sedang ramai diperbincangkan ketua umum sebuah partai yang baru terpilih, boleh jadi di komunitas virtual yang diomongkan justru pembukaan gerai burger yang baru di sebuah pemukiman atau mal.
  3. Sarana konfirmasi: Tidak terlalu sulit jika Anda ingin mendapatkan konfirmasi dan update dari komunitas ini. Jika terbetik berita ada peristiwa kebakaran atau meteor yang jatuh, Anda cukup mengecek siapa saja yang sudah check-in di sekitar lokasi kejadian. Ajukan pertanyaan dengan menyebutkan nama user yang dituju, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan respon yang diperlukan. Anda juga bisa melacak siapa saja yang sudah memasang foto-foto kejadian di timeline-nya.
  4. Berinteraksi secara langsung: Di sinilah keunggulan layanan sosial seperti Koprol. Anda bisa dengan mudah berinteraksi langsung dengan tokoh atau subyek yang sedang Anda amati. Jika Anda sedang menulis soal fenomena kedai-kedai kopi di Jakarta, bukankah akan sangat mudah jika Anda memulainya dengan melacak cafe-cafe yang sudah memiliki akun di sini? Atau melemparkan pertanyaan ke teman atau follower Anda. Bukan sebuah keajaiban kalau Anda akan segera mengantongi jawaban-jawaban yang diperlukan.
  5. Sumber referensi: Anda juga bisa mengikuti komunitas yang hobi berbagi tautan-tautan informasi penting. Anda bisa memilah komunitas-komunitas tersebut berdasarkan kategori-kategori atau bidang-bidang tertentu. Hebatnya, informasi-informasi ini telah lebih dahulu mereka baca dan seleksi sehingga kita dengan mudah bisa langsung mengonsumsinya. Sebuah “direktori hidup”, bukan?
Selain wartawan para pekerja kantor juga memanfaatkan yahoo koprol ini.  Kegunaan Yahoo Koprol Kantor Yahoo Di Indonesia Setting Yahoo Outlook Yahoo Ylt Sig 116i Gsa 0 Q Http Mail Download Yahoo Password Recovery 33 Outlook Express Yahoocom Kelebihan Yahoo Koprol Koprolyahoocom
So What Is Yahoo Koprol ???
Dari namanya Yahoo Koprol berbaubau nama Indonesia. Ya memang benar Yahoo Koprol adalah Website mirip - mirip Facebook dan cara Edit Eetting Yahoo Koprol setelah Anda mempunyai akun Koprol tentunya akun tersebut tidak akan didiamkan begitu saja, Anda harus membenahi setting Koprol Anda seperti profil dan lain – lain.
Contohnya maraknya penggunaan Facebok di tahun 2009 sampai 2010. Selain itu masih ada jejaring sosial lainnya Contohnya : Friendster, Yahoo Messenger, Koprol, Twitter, MySpace, Dan Lain Lain. Kegunaan Dari Beberapa Sosial Ini Sama.
Pengenalan fitur Yahoo Koprol buat Anda yang sudah paham tentang seluk beluk.
Facebook, Google, Latitude FourSquare, Panoramio Dan Yahoo Koprol Adalah Sederet Contoh Inovasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi TIK Yang Telah berhasil mempermudah orang untuk bersilaturahim virtual melalui Media Digital.
Cara Penggunaan Yahoo Koprol
Setelah memiliki akun di Koprol, pengguna dapat mengoperasikannya tiap berada di suatu lokasi. Dengan masuk ke dalam Koprol dengan memilih lokasi tempat pengguna berada, kemudian mengisi status yang memungkinkan pengguna saling bertukar informasi dengan pengguna Koprol lain. Pengguna dapat mengetahui dimana pengguna lain berada sambil bertukar status dan foto sampai video. Tetapi karena versi kali ini masih dalam bentuk beta, keleluasaan pengguna masih terbatas karena harus mendapat undangan dari pengguna lain, baru kemudian dapat membuat akun di Koprol.
- Mulai Ngoprol
Jelas, setelah sukses registrasi, sekarang saatnya untuk login/sign-in di http://koprol.com langsung. Tapi setelah registrasi selesai, otomatis langsung logged.
- Pilih lokasi kita
Kalau pertama kali masuk koprol, kita harus memilih lokasi dimana kita berada. Klik aja tombol “Check in”nya

- Mencari teman
Di koprol sebetulnya tidak bermasalah dengan ini. Karena kita bisa melihat streaming status/post oleh user² koprol lainnya yang lokasinya sama dengan kita. Itulah untungnya kita pilih ibukota masing² sebagai lokasinya.
Tapi tidak ada salahnya nge-add teman²mu agar menjadi Active Friends.     
Yang artinya, walaupun tidak 1 lokasi, kita tetap bisa melihat streaming mereka.
Kalau ada yang nge-add kita, biasanya kita mendapat alert. Begitulah istilahnya. Untuk lebih mudahnya langsung Find & Invite .
- Update status
Sama seperti twitter, koprol bisa kok update status
Dan sama pula seperti facebook, status kita bisa dikomentarin orang lain.
- Upload foto
Nah, ini fasilitas yang ada di facebook dan gak ada di .Dengan ini, kita bisa sekaligus meresensi tempat-tempat yang kita kunjungi. Mantap kan?
- Kirim message di Koprol!
Hehehe, kemarin penulis lupa neh nulis tips yang satu ini. Ini neh yang sering dicari” orang, apalagi yang berusaha pedekate via Koprol.
Caranya mudah kok, formatnya hanya seperti ini :
to:username_tujuan pesan yang ingin disampaikan.
Contoh :
to:aaezha makasih sob atas tips dan triknya
Mudah kan? Itu nulisnya di tempat kita nulis status ya
- Mentioned
Bagi Tweeps, pasti gak kaget dengan ini. Seperti twitter, kalo kita update status atau komentar dengan @ diikuti oleh username, maka si username tersebut akan mendapat notifikasi baru sebagai mentioned, yang artinya ‘yang disebut (namanya)’. Sering² aja mention @aaezha yaa
- Commented
Kalo yang ini artinya, seluruh postingan, komentar atau poto yang dikomentari oleh orang lain.
- Cross Posting
Posting ke twitter: Mereka yang memakai koprol dan twitter sudah minta ini dari dulu. Sekarang koproller bisa kirim status ke twitter. Seperti ke facebook, tapi tentunya dengan gaya khas twitter: tiap tweet mengandung hashtag lokasi anda, jadi pemakai twitter bisa klik dan lihat status lain mengenai lokasi yang sama.
Yang muncul di facebook:
jiahh meeting lagi @ Menara Jamsostek, Kuningan Barat
Yang muncul di twitter:
jiahh meeting lagi #MenaraJamsostek #KuninganBarat
Untuk menghidupkan, kunjungi “Sharing” di halaman Settings.


Sumber :






0 komentar:

Poskan Komentar