Jumat, 26 Oktober 2012

Cara Menulis Blog yang Baik dan Benar


TATA CARA DAN ETIKA DALAM MENULIS BLOG
Sebagian besar orang – orang jaman sekarang ini sering kali bercerita mengenai berbagai hal antara lain, pengalaman kerja, kuliah di universitas ternama, cerita hal pribadi dan masih banyak lainnya pada sebuah blog. Hal tersebut semakin maraknya orang – orang membuat account blogger untuk sekedar menulis pengalaman mereka masing – masing.
Namun masih banyak yang kurang mengerti tata cara penulisan blog yang baik untuk itu saya akan memberi tahukan bagaimana caranya yang sudah saya kutip dari berbagai macam blog orang lain sebagai pencerahan dan masukan yang sangat berguna.
Tetapi ada juga orang-orang yang sudah menerti tata cara penulisan blog dan memberitahuakan kepada hal layak dengan melalui blog pribadinya tersebut supaya setiap orang dapat dengan baik dan benar menulis di blog masing – masing individu.
Ada beberapa inti dalam etika menulis blog yang baik diantaranya :
1.               Judul yang menarik, pemilihan judul adalah hal utama yang harus dipikirkan, karena judul yang menarik dapat membuat si pembaca penasaran dengan isi dari tulisan diblog tersebut. Judul juga harus sesuai dengan isi dari tulisan, jangan hanya karena ingin membuat judul yang menarik tapi tidak sesuai
dengan isinya.
2.           Jangan menggunakan huruf besar dan berwarna, degan menggunakan huruf besar sepertinya anda sedang emosi dan huruf berwarna membuat orang pusing karena itu lebih baik gunakan huruf dan ajaan yang biasa saja.
Akan lebih nyaman untuk dibaca dan dimengerti.


3.           Jangan lupa tanda baca seperti titik, koma, tanda tanya dll. Karena ini sangat mempunyai pengaruh yang besar untuk pembaca, salah tanda baca dapat diartikan lain oleh si pembaca, maka tanda baca sangatlah penting.


4.           Bahasa yang mudah dimengerti, jangan memakai istilah yang jarang orang pakai atau beri penjelasannya pada pertama kali kata itu dipakai. Sehingga orang yang membaca blog anda akan mengerti tentang apa yang diasampaikan sipenulis. Karena orang tidak akan mengerti jika kita memakai bahasa “high class” yang hanya para ahli atau orang tertentu yang berkecimpung didunia tersebut yang dapat mengerti bahasa tersebut.


5.           Jangan bertele-tele, dalam menyampaikan maksud dari isi jangan terlalu berputar-putar karena membuat orang binggung dan tidak mengerti inti dari penulisan tersebut, setelah awal paragraph dibuat bolehlah sedikit bertele-tele tapi sedikit saja.

6.           Pilih bahasa yang pantas dan sopan, kalau kita memakai bahasa yang kurang baik dan tidak sopan akan membuat pembaca bertanya “nie blog siapa yang buat? Gak belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar apa disekolah?”.Karena itu jangan memakai bahasa yang aneh atau bahasa gaul. Orang yang tidak mengerti akan memiliki pendapat lain.

7.            Jangan sampai salah ketik, kalau sampai salah ketik bisa berdampak bahaya, tidak setiap orang mempunyai pendapat yang sama bisa jadi karena salah ketik menyebabkan arti yang berbeda. Jadi sebelum dikirim lebih baik periksa kembali, apakah ejaan, tulisan itu sudah layak untuk dipublikasikan.

8.           Tambahkan humor dalam penulisan, ada sedikit humor lebih baik. Orang tidak terlalu tegang dan merasa lebih rileks jika kita menulis sesuatu didalamnya ada sedikit humor, cukup sekali atau dua saja sudah cukup, karena terlalu banyak pun membuat orang tidak tertarik lagi.

9.           Jangan sering copy-paste dalam menulis blog jangan sering melakukan itu, membuat kretifitas kita tidak berkembang, boleh juga hal itu dilakukan tapi dengan cara tetap mencantumkan link- nya dariman kita mendapatkan informasi tersebut.

10.     Pemilihan gambar, jika didalam penulisan anda ingin ditampilkan gambarnya, sebaiknya jangan yang gambar yang besar itu membuat orang yang akan membuka blog anda menunggu terlalu lama, jadi jangan sampai karena gambar tersebut orang tidak jadi membuka blog anda.

Menurut saya dalam menulis di blog untuk tugas atau pun hal resmi harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, namum apabila ingin menulis dengan hal – hal pribadi boleh menggunakan bahasa sehari – hari yang penting sopan dan jelas. Tidak menggunakan kata – kata yang kasar atau yang tidak enak di baca leh orang banyak.


FITRIA PRATIWI
12110849
3 AK 21


3 komentar:

annisatul adilla mengatakan...

terimakasih kak atas info yang kakak posting kan sangat berguna :)

Maulidya Devina mengatakan...

good posting ka.. hhee tolong mampir ke blog saya dong ka, maklum saya baru masuk ke dunia bloger jadi masih banyak kurang dan masih harus belajar banyak, mungkin kaka bisa bantu :)

Neni Rahmayani mengatakan...

thanks buat pengetahuanny :)

Posting Komentar