Sabtu, 07 Januari 2012

Teladan Sang Pemimpin







TELADAN SANG PEMIMPIN

Khalifah Umar bin Khathab suatu ketika pernah memerintahkan Al-Ahnaf bin Qais beserta beberapa orang untuk pergi ke Persia dan wilayah sekitarnya.
Di Persia mereka menyempatkan diri mengumpulkan beberapa pakaian yang bagus-bagus. Dan pakaian itulah yang dikenakan Al-Ahnaf dan kawan-kawannya ketika pulang dan menghadap Umar Bin Khathab.

Ketika Khalifah Umar menerima mereka, tiba – tiba ia memalingkan mukanya, tanda hatinya tak berkenan.
Melihat gelagat itu, Al-Ahnaf beserta kawan-kawannya menjadi kikuk dan ketakutan. Setelah melaporkannya tugas yang diberikan oleh Khalifah, mereka cepat-cepat minta diri.

Al-Ahnaf dan kawan-kawannya kemudian menjumpai Abdullah Ibnu Umar, anak lelaki Khalifah Umar. Mereka kemudian menyampaikan masalahnya, dan minta pendapat tentang sikap Khalifah terhadap diri mereka.

“Mungkin ayah tidak suka melihat kalian, ketika menghadap dengan mengenakan pakaian mewah yang berbeda dari semula”, kata Abdullah.

Mendengar nasehat itu, Al-Ahnaf dan kawan-kawannya menghadap lagi tanpa pakaian mewahnya, Khalifah Umar bangkit dari tempat duduknya, lalau menyalami mereka. Seorang demi seorang mereka di rangkulnya, seolah – olah mereka baru pertama kali bertemu. 

Itulah Khalifah Umar, seorang Kepala Negara yang bajunya ada 12 tambalan jahitan. Ia hidup sederhana namun tetap dihormati orang.

Sumber : kumpulan dongeng anak – anka muslim, MB. Rahimnysah – Kidh. Hidayat, BINTANG INDONESIA, Jakarta


FITRIA PRATIWI
12110849
2 KA 21

0 komentar:

Posting Komentar